Sabtu, 06 Oktober 2012

Penggalangan Dana Online dengan Marimembantu.org : Wujudkan Mimpi mereka!



             

             Terik matahari menyengat tanpa ampun. Pukul 1 siang tepat sekarang, gadis kecil itu masih disana, lengkap dengan atribut yang ia kenakan; baju lusuh, sandal jepit yang hampir putus, dan gitar kecil seadanya. lengan-lengan kecilnya menyibak mentari. dengan nyanyian sumbang mengharap belas kasih. senyum kecil tulus tersungging ketika ia melantunkan lirik demi lirik. tak kenal bau matahari, tak peduli perut ikut bernyanyi. terik matahari mereka lumpuhkan, bahkan dinginnya hujan tak menghalangi langkah mereka. rupiah demi rupiah. tak lekas mereka ia menyerah

Kecil, kurus dan kumuh... bukan kehidupan seperti ini yang seharusnya mereka tempuh. Tuntutan hidup selalu menyesakkan. tak ada pengecualian; tanpa ampun.  seusia mereka tak sepatutnya merasakan beban hidup seperti itu.. Dunia memang Egois!

Ribuan cita dan asa terangkai indah dari benak kecilnya. tak peduli beban hidup, tak peduli caci maki menghakimi, mereka masih bermimpi..mereka masih mempunyai mimpi…

-00-

              Pernahkah kau bayangkan; ketika kau berada di dalam rumah yang hangat komplit dengan peralatan teknologi seperti laptop, TV yang bisa menghiburmu kapanpun, lalu di sudut sisi lain kau bisa melihat anak kecil yang tak punya rumah, meringkuk kedinginan di atas sehelai Koran, dengan perut kelaparan. Apa yang kau rasakan?





            Mungkin kau akan bertanya, “Hei, Apa  Pentingnya Membantu Sesama? kenapa harus menolong sesama? Apakah ada keuntungan dari membantu sesama?” dan  masih banyak pertanyaan lain yang membuat kita cenderung kurang memperhatikan sesama. 

              Teman, menolong atau saling membantu antar umat manusia adalah kebutuhan bagi setiap dari kita. Kenapa kebutuhan? ya, hal ini karena kita diciptakan sebagai makhluk sosial. Makhluk yang selayaknya bisa saling bersosialisasi dengan makhluk lainnya entah itu manusia atau lingkungan kita. Atas dasar inilah membantu sesama adalah kebutuhan yang dimiliki oleh semua orang. Lihatlah bagaimana kita tak bisa makan bila tak mengandalkan orang lain yang mengolah makanan, atau mungkin contoh untuk tumbuhan yang tak bisa hidup tanpa bergantungnya kepada udara,air,tanah atau hal lainnya. Hidup ini adalah hidup yang saling membutuhkan dengan yang lain. Bisa kau bayangkan bagaimana bila kau hidup sendiri tanpa orang lain?

        
 “Menurut jumlah GDP pada tahun 2011, Indonesia berada di peringkat no 68  Negara termiskin di Dunia, dengan hampir setengah persennya adalah penduduk kurang mampu” – www.wikipedia.com




         Ketika bercerita dengan teman tentang harta, biasanya kita akan serta merta dengan bangga menjelaskan sejelas-jelasnya berapa perbulan gaji kita, laba bisnis luar biasa, untung besar hari raya, berapa aset perusahaan kita, motor, mobil, rumah, disebutkan semua dengan gamblang seberapa besar nominasi angkanya

Namun ketika sang teman menyela, “Hei, Sudah sedekah belum?…” tiba-tiba rona wajah kita berubah bermuram durja, serta merta seribu satu alasan keluar dengan sendirinya.

Sedang dipakai kebutuhan mendadaklah, habis dipakai buat berobatlah, gaji karyawan belum terbayarlah, omset bulan ini lagi menurunlah, dan lain-lainlah, bla bla bla....

Singkat kata, terlontar kalimat, “Em… mungkin besok saja”. Hei, mau sampai kapan lagi kita mengelak? Sisihkan beberapa saja uangmu. Serta merta ulurkan tangan tanpa banyak tanya.



Sedekah dalam pandangan Islam
Dalam Agama Islam mengajarkan kita untuk berlomba-lomba bersedekah dan membelanjakan harta untuk amal-amal sosial. Rasa solidaritas dan gotong royong dipupuk dan ditanamkan dalam hati dan jiwa kaum muslimin melalui ayat-ayat Qur’an dan hadits-hadits Rasulullah sebagaimana difirmankan oleh Allah swt.: 

“Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), Maka Allah akan meperlipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rezki) dan kepada-Nya-lah kamu dikembalikan.” (Al-Baqarah 245). 

Ayat ini menetapkan bahwa orang yang memberi harta dan atau pertolongan kepada orang yang butuh dan yang tidak punya, ia sebenarnya memberi pinjaman kepada Allah dan berhubungan dengan Dia, dan bahwa Dialah yang akan membayarnya kembali berlipat ganda berupa barakah dan pertumbuhan rezki. Barakah dan pertumbuhan rezki itu dijelaskan dalam ayat tersebut di bawah: 

“Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah[166] adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha mengetahui.”(Al-Baqarah 261). 

Seirama dengan maksud ayat tersebut di atas bersabdalah Rasulullah saw.: 

من تصدّق بعدل تمرة من كسب طيّب ولا يقبل الله إلاّ الطّيّب، وإنّ الله تعالى تتقبّلها بيمينه ثمّ يربّيها كما يربّى أحدكم فلوّه حتّى تكون مثل الجبل.

“Barangsiapa bersedekah dengan senilai sebuah kurma, yang dikeluarkannya dari harta yang baik (halal) dan Allah tidak menerima melainkan barang yang baik, maka Allah akan menerima sedekah itu dengan kanan-Nya, lalu dipeliharanya seperti salah seorang daripada kamu memelihara anak ontanya sampai menjadi besar dan gunung. 

Sesungguhnya harta kekayaan itu adalah barang titipan yang dititipkan oleh Allah kepada orang-orang yang memilikinya dan yang sewaktu-waktu dapat dicabut daripadanya. Pemilik-pemilik itu adalah sebagai penguasa Allah atas harta milik itu untuk digunakannya bagi menutup kebutuhan orang-orang yang butuh dan meringankan kesengsaraan orang-orang yang menderita serta membelanjakannya pada usaha-usaha sosial yang ada hubungannya dengan kepentingan umum dan hajat hidup orang banyak dan yang dapat memberi kehidupan yang layak dan tingkat kesejahteraan yang tinggi bagi umat dan negara. 


Mudahnya berbagi dengan Online
          Masalah yang timbul sekarang adalah masalah waktu. Mungkin kau akan berkata, “Hei, kau tau aku tidak punya waktu untuk pergi ke panti asuhan untuk memberi sedekah, lantas bagaimana?” tenang, karena di Era sekarang dengan teknologi yang sudah Maju, Sedekah semakin mudah dengan Online, mudahsedekah secara online dengan marimembantu.org

          Penggalangan dana Online dengan marimembantu.org adalah lembaga zakatdompet duafa yang akan membantu ribuan orang untuk membantu mereka yang membutuhkan. Marimembantu.org memungkinkan orang untuk mencapai hal-hal luar biasa dengan mudah menggunakan website donasi pribadi. Dari peristiwa kehidupan dengan keadaan menantang seperti kecelakaan dan penyakit perangkat lunak penggalangan dana marimembantu.org tetap menjadi salahsatu cara terbaik untuk menggalang dana secara online

Cara menggalang dana Online?
          Marimembantu.Org membuatnya sederhana dalam menggalang dana online untuk hal-hal yang paling penting bagi Anda. Dengan mudah mengundang keluarga & teman-teman untuk menyumbangkan bagi kehidupan, kejadian, proyek proyek penting Anda.

       Cara menggalang dana: Cukup mendaftar atau login melalui facebook dan twitter, membuat postingan donasi Anda, berbagi link dengan teman dan mengumpulkan sumbangan. Anda secara otomatis menerima sumbangan masing-masing secara real-time.

       Seperti apa? Marimembantu.Org memungkinkan Anda untuk mengumpulkan dana melalui online untuk membantu sesama dan kepentingan sosial

Bagaimana saya menerima donasi online?
           Dengan Marimembantu.Org, itu semuanya dirancang! Setelah sign-up Anda akan berbagi link donasi halaman Anda dengan teman, rekan & keluarga. Pengunjung Anda melengkapi sumbangan mereka pada halaman postingan Anda menggunakan payment online iPayMu dan Anda langsung menerima setiap pembayaran. Seluruh proses memakan waktu kurang dari satu menit.

Kapan saya mendapatkan uang saya?
      Segera! Setelah target penggalian dana Anda tepenuhi dan pihak Dompet Dhuafa telah mengkonfirmasi bahwasanya permohonan bantuan anda selesai dan keberadaan Anda benar adanya. Setiap pembayaran yang Anda terima melalui halaman postingan Anda adalah milik Anda! Marimembantu.Org Anda akan terus menerima sumbangan bahkan setelah jangka waktu target dana Anda terpenuhi.

Apakah Marimembantu.Org menagih biaya apapun?
           Marimembantu.Org adalah media sosial dan sama sekali tidak menagih biaya sepeserpun

Apakah iPaymu menagih biaya?
       Sebuah account iPaymu akan dibuat untuk Anda dalam Marimembantu.Org selama proses pendaftaran (atau Anda dapat membuat / menghubungkan account iPaymu). Tergantung pada pilihan Anda, iPaymu akan digunakan untuk memproses pembayaran Anda.
Kedua layanan membebankan biaya yang kecil pada setiap pembayaran yang Anda terima. WePay mengenakan biaya tunggal sebesar 3,5% atau $ 0,50 per transaksi – mana yang lebih besar. PayPal biaya 2,9% + $ 0,30 per transaksi.
         Ingat, semua setup akun ini terjadi dalam Marimembantu.Org. Anda tidak perlu mengunjungi situs-situs lain atau khawatir tentang pengaturan account rumit.

Mengapa saya tidak menggunakan PayPal saja?
         Anda berfikir PayPal adalah ‘cash register’ yang bagus, tapi tanpa sebuah ‘store’. Dengan kata lain, PayPal tidak memberikan Anda dan donatur Anda tujuan menarik.

        Marimembantu.Org lebih dari bentuk pembayaran – sistem penggalangan dana keseluruhan yang selalu bekerja untuk membantu Anda mengumpulkan uang lebih banyak. Selain halaman sumbangan yang cantik dan fitur berbagi yang kuat, Marimembantu.Org.
Marimembantu.Org memberikan Anda perintah pusat online penggalangan dana lengkap yang membuat Anda akan merasa yakin.

Apakah saya harus menjadi non-profit untuk menggunakan ini?
    Tidak! Siapapun dapat mengumpulkan uang secara online menggunakan halaman Marimembantu.Org. Pengguna kami sering mengumpulkan uang untuk diri sendiri atau untuk teman-teman yang ingin mereka bantu. Marimembantu.Org dirancang untuk memungkinkan orang-orang biasa untuk melakukan hal-hal luar biasa dengan uang yang mereka kumpulkan online.

Apakah donatur saya bisa dikenakan biaya?
       Tidak! Donatur tidak bisa dikenakan biaya apapun untuk menyumbangkan ke halaman postingan Marimembantu.Org Anda.

Cara meningkatkan dana di Facebook & Twitter?
        Tentu saja! Menghubungkan ke Facebook & Twitter adalah bagian dari Marimembantu.org yang membuatnya lebih baik. Bagian yang terbaik adalah bahwa pengunjung yang mengunjungi halaman donasi Anda melakukan sebagian besar saling berbagi untuk Anda – membantu Anda untuk menarik lebih banyak donatur!

Bagaimana saya tahu ketika orang menyumbang?
      Anda dapat melihat sumbangan baru muncul di submenu “sumbangan untuk saya” Marimembantu Anda

Bagaimana dengan pajak?
         Kami tidak dapat memberikan saran pajak khusus karena situasi setiap orang berbeda. Meskipun ini tidak berarti jaminan, sumbangan paling besar terhadap Marimembantu.org hanya dianggap sebagai ‘hadiah pribadi’ yang tidak dikenakan pajak pendapatan.

             Selain itu, sumbangan hanya dibuat untuk keuntungan yang tidak terdaftar secara hukum atau amal dapat dianggap memenuhi syarat untuk donatur untuk mengklaim sebagai pengurang pajak. Sekali lagi, setiap situasi berbeda jadi silakan berkonsultasi dengan profesional pajak di wilayah Anda.

Negara dan mata uang apa yang didukung?
         Marimembantu.Org bekerja di negara-negara yang didukung oleh mitra pembayaran kami. Kami menyadari bahwa perusahaan pembayaran seperti iPaymu beroperasi di banyak kabupbeberapa negara, tetapi hanya Indonesia yang sepenuhnya didukung Marimembantu.Org.
.
            Jadi, mari bersama-sama, kau dan aku, kita rangkai kembali mimpi-mimpi mereka, harapan mereka, dan masa depan mereka.. untuk kebahagiaan kita bersama :)



BIG THANKS TO WWW.MARIMEMBANTU.ORG
course:
-Ayat suci Al-Quran
 

14 komentar:

  1. Review yang menarik nih!
    kapan kapan saya coba sedekah disini ya :)

    BalasHapus
  2. Smangat masbro haha.. jujur sayq jarang sedekah. tapi moga moga saya nanti bersedekah amin...

    -blogwalking-

    BalasHapus
  3. semangat dek buat reviewnya...
    udah bagus. terusin ya usahanya...

    BalasHapus
  4. wwaaaaaaaaaw nice post ndik...
    goodluck yaw :)))

    BalasHapus
  5. Wow kata katanya keren nih.. saya suka :)
    intinya kita harus bersedekah agar saling tolong menolong...
    sedekah online? sepertinya menarik..

    salam blogger,
    Rahman..

    BalasHapus
  6. nice post adeek o:)
    teruskan perjuanganmuu . terusin nulisnya . kembangin karyanyaa . semoga menang amin

    BalasHapus
  7. Goodluck Han... tulisanmu bagus

    moga menang ^^

    BalasHapus
  8. Bagus gan.. terusin perjuanganmu
    :DDD


    ~BLOGWALKING~

    BalasHapus
  9. Bagus reviewnya... sukses!
    jangan lupa mampir ke blog ku :)

    BalasHapus

Bagaimana menurutmu?

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search