Jumat, 29 Juni 2012

5 Jawaban satu Arti: Indonesia.



Pertanyaan : Apa yang paling lekat dari “Indonesia”?
Jawaban : 

         Bila suatu saat, kau bertanya tentang “hei, apa itu Indonesia”, maka pikiranku, akan melayang terbang ke mimpi, mengitari beribu-ribu pulau, menelusuri tiap inci keindahan alam-nya; dari ujung pulau sabang hingga merauke, dengan segala isi, adat-istiadat,  bahasa, budaya yang kental dan jangan lupakan makanan khasnya-yang-menggiurkan. Kau tidak bisa saja memisahkan isi partikel ini, karena semua satu, dan semua adalah bagian dari Indonesia, yang kaya akan budaya. beragam, dan beranekaragaman namun memiliki jiwa satu; utuh tanpa rapuh, berjiwa satu kesatuan.

         Indonesia terkenal dengan Budayanya yang masih kuat, dan kental dengan Religius. contohnya saja pulai Bali, kau tahu, pulau yang memiliki Budaya dan Kepercayaan tinggi yang masih dipegang teguh sampai sekarang. bila kita telaah, semua wilayah di Indonesia, tentu dari sabang sampai merauke, memiliki daerah-daerah yang masih memiliki budayanya masing-masing; tarian, musik, lingkungan, makanan, dan lain-lain. bisa kau bayangkan? Indonesia, dengan beribu-ribu pulau, satu pulau mungkin memiliki Budaya yang berbeda dengan budaya lain. lalu berapa banyak Budaya yang ada di Indonesia ini? tentu banyak sekali! inilah yang membuat Bangsa kita berbeda dari Bangsa lain. Dan bila kau berpikir “apa yang menurutmu paling Indonesia?” maka terjawab sudah satu jawaban, "Budayanya".

       “Dari sabang sampai merauke, berjajar pulau-pulau.. sambung menyambung menjadi satu, itulah Indonesia..” apa kau pernah mendengar lagu ini? Ya pasti, lagu yang pasti kau bawakan saat SD bukan? saat kau sedang upacara? kembali ke topik. Bicara lagu ini, sebenarnya lagu ini menceritakan makna bahwa Negara ini memiliki kekayaan alam yang begitu berlimpah, atau bahkan kau bisa menyebut "berlimpah-limpah-ruah". Bila dari sabang sampai merauke dihitung, lalu dijumlah, kekayaan alam Indonesia tak terhingga, dengan keindahan alam bangsa ini, aku percaya, suatu nanti dunia akan mengetahui, bahwa Indonesia adalah Surga Dunia. Catat! Hal yang paling lekat dari Indonesia, jawaban kedua adalah "Alamnya".

     Aku selalu mengangumi Orang-Orang berbakat di Indonesia. Seperti, kau tahu, Agnes monica, dari segi musikalitas yang begitu menakjubkan, atau Sri Mulyani dengan pemikiran yang hebat, atau Tex Saverio? Perancang busana anak Indonesia yang mendunia karena gaun rancangannya digunakan oleh Lady GaGa? Faktanya, kita memiliki Orang-Orang dalam negeri yang berbakat, yang bahkan dengan bakatnya mereka bisa menaklukan dunia. Jadi, kita anak Indonesia adalah anak dengan potensi yang berbakat dalam berbagai bidang. benarkan? lantas bagaimana bila kita semua bangsa Indonesia dengan bakat dan potensi yang terpendam dipoles dan diasah? mungkin kita bisa menaklukan Dunia. Baik, kau sudah menemukan jawaban ketiga. ya, jawabannya adalah "Potensi dan bakat Sumber Daya Manusia (SDM)-nya", yang paling lekat dari Indonesia.

     Jawaban “paling lekat dari Indonesia” keempat adalah: "Indonesia". Mungkin kau akan bertanya "hei, apa sih maksudmu?" Oke. Maksudku adalah Paling Indonesia adalah Indonesia, dengan semua semangatnya dan menjunjung asas Nasionalisme dan Patriotisme. mungkin terdengar klise. Tapi, memang kenyataan. Indonesia terkenal dengan Nasionalisme yang tinggi, contohnya saja saat kau menonton pertandingan bulu tangkis atau sepak bola skala internasional. lihat saja suppoerter dan pemain Indonesia, memancarkan semangat positif dan membela demi tanah air. hebat kan?

     Dan jawaban terakhir ini. Mungkin ini adalah jawaban paling menyedihkan: Masalah. Ya, Indonesia paling lekat dengan masalah: Korupsi dimana-mana, kekerasan, masalah struktur, infra-struktur, pembangunan daerah yang belum maksimal, dan semua kegilaan ini. Bukan berarti aku ingin melebihkan, tapi ayolah, kita adalah Orang-Orang dengan Bangsa yang hebat, bangsa yang tak tertandingi: INDONESIA. Aku ingin, aku, kau dan kita, sebagai generasi muda, ayo kita bangun Bangsa kita, menjadi satu, tanpa runtuh. Bukankah dari Jawaban pertama, kedua, ketiga dan keempat adalah refleksi dari bagaimana masalah bisa teratasi dari jawaban kelima? Aku tidak tahu pasti, tapi aku yakin kita bisa. Bukankah seharusnya begitu? Selalu semangat, sifat yang lekat dengan Indonesia?

    Lantas, dari semua jawaban-jawaban ini, kau bisa merasakan seperti yang aku rasakan? 5 jawaban dengan satu arti: Indonesia. Ya, 5 jawaban tersebut adalah pencerminan Bangsa Indonesia. Indonesia. Bangsa, dengan semuanya. Lalu, hei generasi muda,  maukah kau meneruskan perjuangan bangsa Indonesia? tak usah malu untuk memperjuangkan Bangsa kita. kau tidak sendiri, banyak orang-orang yang juga sedang memperjuangkan Bangsa ini. tidak usah terlalu muluk-muluk, mulailah dari dirimu sendiri. rasakan, dan resapi, di setiap serat tubuhmu, bahwa kau bangga menjadi anak Indonesia, maka Indonesia akan menjadi Negara yang Luar Biasa :)

berjanjilah, kau. kau dan aku, selalu menjaga dan melindungi Negeri kita, Negeri Indonesia :)



“Hamparan alam luas
Membentang di jagad khatulistiwa
Harum tanahmu hijau warnamu
Takkan pernah terlupakan
*courtesy of LirikLaguIndonesia.Net
Tempat dimana aku dilahirkan
Dan tempat dimana nanti
Aku kembali duduk disini
Menutup hari dan mati

Kuberjanji rasa ini
Akan selalu di hati
Sampai suatu saat nanti
Ku akan tetap disini

Kucinta hijaunya alammu
Kucinta birunya lautmu
Kucinta semua yang ada
Padamu Indonesiaku
Indonesiaku…
by : Ungu - Indonesiaku



Artikel ini diikutkan dalam lomba www.angingmammiri.org

2 komentar:

Bagaimana menurutmu?

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search